SOSIAL MEDIA DAN TEKNOLOGI PENDUKUNG
Nama : Bayu Surya Mahendra
NIM : 2005551131
Prodi/Fakultas : Teknologi Informasi/Teknik
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama
Komunikasi
jarak jauh akan menjadi lebih mudah berkat adanya sosial media. Dibalik itu,
ada beberapa teknologi pendukung pada sosial media tersebut. Dari banyaknya
teknologi pendukung yang ada, berikut adalah bagiannya:
1. 1. Hardware
Hardware
merupakan suatu komponen komputer yang bisa dilihat secara fisik. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang
memiliki bentuk nyata. Contoh-contoh dari komponen Hardware yaitu:
-
Firewall
Firewall adalah suatu
kombinasi antara hardware dan software yang fungsinya menjadi pemisah di antara
jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data.
-
Data
centre
Data Center adalah sebuah ruangan yang di
rancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat
jaringan komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Pengertian data center
dapat juga di pahami sebagai ruangan “Pusat Data” dalam bahasa Indonesia.
-
Sensor
Sensor adalah perangkat yang
digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisik seperti tekanan, gaya, besaran
listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan dan fenomena-fenomena
lingkungan lainnya.
2. 2. Software
Kebalikan dari hardware, software merupakan suatu komponen komputer yang tidak bisa
dilihat secara fisik. Software juga berarti suatu
data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk
fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.
Contoh-contoh dari komponen software yaitu:
-
Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman adalah
instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa
pemrograman juga merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang
dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
-
Library/Pustaka
Library adalah sekumpulan kode yang memiliki
fungsi-fungsi tertentu dan dapat dipanggil kedalam program lain. Library dibuat
untuk mempermudah dalam membangun sebuah aplikasi. Dengam library programer
tidak harus membangun kode dari awal untuk suatu fungsi tertentu.
-
IDE (Integrated Development Environment)
IDE adalah program
komputer yang memiliki beberapa
fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.
Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam
membangun perangkat lunak.
-
Algoritma
Algoritma adalah urutan atau
langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang
ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau
langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
- Database/DBMS
Database adalah kumpulan
data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau
dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk
menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa
tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian
disimpan.
3. 3. Keamanan system
Keamanan sistem adalah sebuah
sistem yang digunakan untuk mengamankan sebuah komputer dari gangguan dan segala
ancaman yang membahayakan yang pada hal ini keamanannya melingkupi keamanan
data atau informasinya ataupun pelaku sistem (user). Baik terhindar dari
ancaman dari luar, virus. Spyware, tangan-tangan jahil pengguna lainnya
dll. Contoh-contoh dari keamanan system
yaitu:
-
Cloud computing (terutama IAAS)
Cloud computing adalah paduan
teknologi yang memanfaatkan komputer (komputas atau computing)
dan pengembangan berbasis internet (dalam hal ini disebut “awan” atau cloud).
Sedangkan, IAAS adalah layanan komputasi awan yang umumnya berupa satu paket
perangkat hardware komputer yang berupa “virtualisasi”, bersama dengan jaringan
internet, bandwitch, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online
secara realtime (terus menerus koneksi ke internet) dan keamanan dalam “ruang
lingkup” satu unit layanan IaaS.
-
Intrusion
Detection System (IDS)
IDS adalah sebuah
sistem yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan pada sebuah sistem
atau jaringan. Jika ditemukan aktivitas yang mencurigakan pada traffic jaringan
maka IDS akan memberikan sebuah peringatan terhadap sistem atau administrator
jaringan dan melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan penyusupan.
-
Software Define Network (SDN)
SDN adalah
suatu konsep pendekatan jaringan komputer di mana sistem pengontrol arus data
dipisahkan dari perangkat kerasnya.
-
Enkripsi,
SSL
SSL (Secure Socket Layer) adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan
browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang
aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi
antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk
komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online
setiap hari.
4. 4. Jaringan komputer
Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua
device atau lebih saling berhubungan baik secara fisik maupun secara logika
yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Contoh-contoh
dari jaringan komputer yaitu:
-
Internet of Things
Internet of thins adalah
konsep komputasi tentang objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu
mengidentifikasi diri ke perangkat lain.
-
Komputasi
parallel
Komputasi paralel adalah
salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan
beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat
kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam
jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena
tuntutan proses komputasi yang banyak.
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware.html
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-software.html
http://aganislah94.blogspot.com/2016/01/makalah-keamanan-sistem.html
https://www.jagoanhosting.com/blog/jaringan-komputer/
Lampiran Absen Kehadiran
Comments
Post a Comment