SOSIAL MEDIA DAN TEKNOLOGI PENDUKUNG



Nama                Bayu Surya Mahendra

NIM                  2005551131

Prodi/Fakultas   : Teknologi Informasi/Teknik

Mata Kuliah      : Aplikasi Sosial Media (A)

Nama Dosen      : I Putu Agus Eka Pratama



Komunikasi jarak jauh akan menjadi lebih mudah berkat adanya sosial media. Dibalik itu, ada beberapa teknologi pendukung pada sosial media tersebut. Dari banyaknya teknologi pendukung yang ada, berikut adalah bagiannya:

 

1.   1.   Hardware

Hardware merupakan suatu komponen komputer yang bisa dilihat secara fisik. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata. Contoh-contoh dari komponen Hardware yaitu:

 

-          Firewall

Firewall adalah suatu kombinasi antara hardware dan software yang fungsinya menjadi pemisah di antara jaringan komputer menjadi dua atau lebih untuk menjaga keamanan data.

 

-          Data centre

Data Center adalah sebuah ruangan yang di rancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang terhubung ke jaringan Internet. Pengertian data center dapat juga di pahami sebagai ruangan “Pusat Data” dalam bahasa Indonesia.

 

-          Sensor

Sensor adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisik seperti tekanan, gaya, besaran listrik, cahaya, gerakan, kelembaban, suhu, kecepatan dan fenomena-fenomena lingkungan lainnya.

 

 

2.   2.   Software

Kebalikan dari hardware, software merupakan suatu komponen komputer yang tidak bisa dilihat secara fisik. Software juga berarti suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer. Contoh-contoh dari komponen software yaitu:

 

-          Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman juga merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer

 

-          Library/Pustaka

Library adalah sekumpulan kode yang memiliki fungsi-fungsi tertentu dan dapat dipanggil kedalam program lain. Library dibuat untuk mempermudah dalam membangun sebuah aplikasi. Dengam library programer tidak harus membangun kode dari awal untuk suatu fungsi tertentu.

 

-          IDE (Integrated Development Environment)


IDE adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.


 

-          Algoritma


Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.


 

-          Database/DBMS

Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.

 

 

3.   3.   Keamanan system

Keamanan sistem adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengamankan sebuah komputer dari gangguan  dan segala ancaman yang membahayakan yang pada hal ini keamanannya melingkupi keamanan data atau informasinya ataupun pelaku sistem (user). Baik terhindar dari ancaman dari luar, virus. Spyware, tangan-tangan jahil pengguna lainnya dll. Contoh-contoh dari keamanan system yaitu:

 

-          Cloud computing (terutama IAAS)

Cloud computing adalah paduan teknologi yang memanfaatkan komputer (komputas atau computing) dan pengembangan berbasis internet (dalam hal ini disebut “awan” atau cloud). Sedangkan, IAAS adalah layanan komputasi awan yang umumnya berupa satu paket perangkat hardware komputer yang berupa “virtualisasi”, bersama dengan jaringan internet, bandwitch, dukungan alamat IP, keseimbangan beban, jaminan online secara realtime (terus menerus koneksi ke internet) dan keamanan dalam “ruang lingkup” satu unit layanan IaaS.

 

-          Intrusion Detection System (IDS)

IDS adalah sebuah sistem yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan pada sebuah sistem atau jaringan. Jika ditemukan aktivitas yang mencurigakan pada traffic jaringan maka IDS akan memberikan sebuah peringatan terhadap sistem atau administrator jaringan dan melakukan analisis dan mencari bukti dari percobaan penyusupan.

 

-          Software Define Network (SDN)

SDN adalah suatu konsep pendekatan jaringan komputer di mana sistem pengontrol arus data dipisahkan dari perangkat kerasnya.

 

-          Enkripsi, SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

 

4.   4.   Jaringan komputer

Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua device atau lebih saling berhubungan baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Contoh-contoh dari jaringan komputer yaitu:

 

-          Internet of Things

Internet of thins adalah konsep komputasi tentang objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasi diri ke perangkat lain.

 

-          Komputasi parallel

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.

 




DAFTAR PUSTAKA

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware.html

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-software.html

http://aganislah94.blogspot.com/2016/01/makalah-keamanan-sistem.html

https://www.jagoanhosting.com/blog/jaringan-komputer/





                  

Lampiran Absen Kehadiran


Comments

Popular posts from this blog