Risk, Risk Management, dan Bisnis beserta Penjelasannya


Nama                Bayu Surya Mahendra

NIM                  2005551131

Prodi/Fakultas   : Teknologi Informasi/Teknik

Mata Kuliah      : Technopreneurship (F)

Nama Dosen      : I Putu Agus Eka Pratama







Risk

    Risk/Risiko merupakan kemungkinan yang buruk ataupun yang terburuk diakibatkan oleh suatu keputusan dan tindakan yang dipilih oleh diri sendiri. Contoh dari risiko dalam kehidupan sehari-hari yakni kehilangannya persahabatan ketika lebih mementingkan kesuksesan seorang diri, sering menunda pekerjaan rumah yang mengakibatkan mendapatkan nilai yang kecil dikarenakan kekurangan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tersebut, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, risiko dapat dikurangi atau diminimalisir ketika kita memiliki pilihan yang tepat untuk diri kita sendiri.


Management Risk

     Management Risk/Manajemen Risiko proses untuk mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengendalikan serta berusaha untuk menekan atau bahkan menghiangkan risiko yang akan dihadapi oleh pemilik usaha/bisnis termasuk juga enterpreneurship/technopreneruship.  Setiap bidang dalam bisnis memiliki risikonya tersendiri. Contohnya di bidang sistem informasi, risiko potensialnya adalah seperti terjadinya pelanggaran keamanan data, kehilangan data, serangan dunia maya, kegagalan sistem, dan bencana alam. Sedangkan potensi risiko yang akan terjadi di perusahaan Manufaktur adalah gagal mencapai target produksi yang direncanakan, kerusakan mesin, hilangnya pesanan dari pelanggan, terjadinya masalah kualitas produk dan lain sebagainya.    


Contoh dari Management Risk

       Salah satu contoh Manajemen Risiko yakni adanya sebuah kompetitor yang berada di sekitar lingkungan kita, yang memiliki harga yang lebih murah, dan promosinya yang lebih menyebar luas. Risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan tersebut yaitu kalahnya perusahaan yang dimiliki dan berkurangnya perusahaan tersebut dikunjungi oleh costumer diakibatkan adanya kompetitor pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan tersebut juga harus membuat barang lebih murah dan lebih menarik, menambahkan harga promo pada barang tertentu agar customer lebih tertarik mengunjungi perusahaan tersebut, dan membuka cabang promosi ke dalam media sosial seperti instagram ad, facebook ad, dan lain sebagainya.  



Refrensi (Sumber) :

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-manajemen-risiko/

- Modul Pertemuan 9


Lampiran Absen Kehadiran






Comments

Popular posts from this blog