Konsep Dasar Manajemen Layanan Teknologi Informasi

Konsep Dasar Service Management 

Nama: Bayu Surya Mahendra
NIM: 2005551131 
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Udayana 
Mata Kuliah: Manajemen Layanan TI B 
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

1.    Pengertian Manajemen Layanan Teknologi Informasi



    ITSM (Information Technology Service Management) atau Bahasa Indonesianya Manajemen Layanan Teknologi Informasi merupakan pendekatan yang berpusat pada filosofi untuk manajemen sistem teknologi informasi dari sudut pandang konsumen layanan TI ke dalam operasi bisnis.

2.    Pandangan Umum pada Manajemen Layanan Teknologi Informasi

    ITSM biasanya berurusan dengan masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang-kadang disebut arsitektur operasional) daripada mengembangan teknologi itu sendiri. Seperti misalnya proses pembuatan perangkat lunak komputer yang dimaksudkan untuk dijual bukanlah fokus dari ini, melainkan sistem komputer yang digunakan departemen pemasaran dan pengembangan bisnis penerbit. 
    Perangkat lunak adalah inti dari ini. Banyak bisnis non-teknologi, seperti keuangan, ritel dan perjalanan, memiliki sistem TI yang memainkan peran penting, bahkan jika mereka tidak bersentuhan langsung dengan konsumen.

3.    Contoh-contoh pada Manajemen Layanan Teknologi Informasi





    Dalam dunia teknologi informasi berdasarkan dari berbagai standar internasional seperti: COBIT, ITIL, ISO-20000, CMMI, TOGAF, dan lain-lain yang dimaksud sumber daya teknologi informasi adalah hardwaresoftwaredatabase, jaringan dan manusia saja. Namun juga terdapat manajemen teknologi informasi seperti yang dibahas oleh ISACA (Information System Audit and Control Association) melalui entitas risetnya ITGI (Information Technology Governance Institute). Dalam riset tersebut mereka yang menyusun COBIT versi 4.0 dengan salah satu pembahasannya yakni membagi domain manajemen teknologi informasi menjadi 4 (empat) bagian besar, yaitu masing-masing:

  • Domain Perencanaan dan Pengorganisasian (Planning and Implementation)
    Domain ini mencangkup strategi taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik juga.
  • Domain Pengadaan dan Penerapan (Acquisition and Implementation)
    Untuk mewujudkan strategi TI,solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
  • Domain Pemanfaatan dan Pemeliharaan (Delivery and Support)
    Domain ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari operasi ada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan training.
  • Domain Pengawasan dan Penilaian (Monitoring and Evaluation).
    Semua proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.


Sumber :

Comments

Popular posts from this blog