Penjelasan Media Sosial beserta Penggunaannya dengan baik dan benar


Nama : Bayu Surya Mahendra

NIM : 2005551131

Fakultas/Prodi : Teknik/Teknologi Informasi

Mata Kuliah : Aplikasi Sosial (A)

Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S. T., M. T.



    Media Sosial ialah sebuah media komunikasi digital. Hampir seluruh penduduk Indonesia mengenal dan menggunakannya. Terutama di masa pandemi virus corona ini yang telah mengubah pola kehidupan masyarakat dalam berselancar di layanan media sosial, mulai dari penggunaan untuk pembelajaran daring hingga untuk berjualan online dengan mempromosikan produknya, karyanya, atau bahkan hanya sekedar mengupdate status keseharian kita masing-masing.

    Pada 1970-an menjadi awal mula dari media sosial tepatnya tahun 1978, media sosial pertama tercipta. Bentuknya adalah Bulletin Board System (BBS), sebuah platform yang mengumumkan pertemuan dan berbagi informasi dengan mengunggahnya di BBS.

    Ini menjadi tonggak komunitas vitrual pertama dalam sejarah.

    Penggunaan dan perkembangan media sosial terus berkembang hingga saat ini. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang memudahkan akses internet bagi banyak orang. Faktor lainnya yaitu adanya Internet of Things (IoTs), Artifical Intelligence (Ai), dll. Pada artikel ini kita akan membahasnya lebih dalam.

A. Pengertian Media Sosial

    Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, dan dunia virtual. Blog dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

    Saat teknologi internet dan smartphone yang semakin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses instagram atau facebook misalnya, bisa dilakukan dimana saja. Karena, kecepatan media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media masa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

    Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas mengedit, menambahkan, baik tulisan, gambar, maupun video, dalam konten media sosial.

B. Peran dan Manfaat Media Sosial

    Sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Jejaring media sosial yang digunakan oleh masyarakat sangat banyak, di antaranya Instagram, Facebook, Twitter, Telegram, WhatsApp, TikTok, dll.

    Selain karena memudahkan interaksi, media sosial juga memiliki manfaat lain dalam keseharian kita, beberapa di antaranya:

  1. Media Informasi
Seorang gadis mencari Informasi di berbagai Aplikasi Media Sosial

        Kita dapat mengetahui berita-berita terkini pada jaringan internet untuk membantu kita mendapatkan banyak informasi. Tidak hanya berita, informasi lainnya juga dapat menjadi sumber pengetahuan.

  • Interaksi sosial
Interaksi Sosial

        Dalam dunia komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untuk membangun hubungan atau relasi. Bahkan media sosial membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan global. Media sosial mempermudah kita untuk berinteraksi kapan pun dan di mana pun kita berada.

  • Menggali Hobi dan kreativitas
Hobi mengetik Blog di Laptop

        Beragam bentuk media sosial yang ada dapat digunakan oleh kita untuk menggali Hobi dan kreativitas serta mengekspresikan dirinya, misal hobi saya adalah menulis, dengan menulis cerita atau berbagi pengalaman di blog, saya dapat menggali bahkan meningkatkan kemahiran sebagai penulis.

  • Media penghibur
Youtube merupakan salah satu Aplikasi Media Sosial untuk Menghibur seseorang

        Saat ini sudah banyak jenis media sosial sebagai media penghibur, salah satunya YouTube. Kita dapat mencari berbagai hal untuk menghibur diri kita. Mulai dari cerita-cerita lucu maupun gambar-gambar lucu. Berbagai hal menarik dapat kita cari dalam jejaring sosial untuk menghibur kita di saat jenuh.


C. Cara Bijak Menggunakan dan Terhindar Dari Paparan Hoax di Media Sosial

    Tentu tidak heran jika dari sekian manfaat yang dimiliki media sosial ini telah menyebabkan media sosial menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat kini.

Hoax merupakan Berita yang Palsu seolah - olah dibuat menjadi Nyata

1. Jangan langsung mudah percaya dengan kabar yang datang dari media sosial tanpa memeriksa terlebih dahulu kebenarannya.

2. Jangan reshare info yang kita terima tanpa diketahui sumbernya/kebenarannya.

3. Jangan mudah terprovokasi dengan ajakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain yang disebarluaskan melalui media sosial.

4. Bila sudah merasa bingung dan cemas dengan lalu lintas informasi di media sosial, sebaiknya membatasi diri dari media sosial.

5. Untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19 carilah informasi yang akurat dengan memfollow akun resmi pemerintah, atau badan resmi lainnya yang kredibel seperti web World Health Organization (WHO).


    Demikian penjelasan saya mengenai media sosial. Sayangnya penggunaan internet khususnya media sosial sering digunakan untuk menulis rumor, kabar hoax, manipulasi, penipuan cyber crime, dan perang informasi, atau melanggar privasi orang lain oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Sudah saatnya kita menggunakan aplikasi sosial media dengan bijak, mengambil sisi positifnya dan memanfaatkan dari setiap aplikasi sosial media yang kita gunakan.



Comments

Popular posts from this blog