Etika Komputer dan Etika Internet Pada Social Media



Nama                Bayu Surya Mahendra

NIM                  2005551131

Prodi/Fakultas   : Teknologi Informasi/Teknik

Mata Kuliah      : Aplikasi Sosial Media (A)

Nama Dosen      : I Putu Agus Eka Pratama



           Kata Etika berasal dari Yunani kuno yaitu "ethikos" yang berartu "timbul dari kebiasaan". Jadi, Etika dalam bahasa bahasa Indonesia merupakan sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika juga merupakan nilai dalam sikap/norma kita yang terdiri dari yang baik maupun yang buruk. Oleh karena itu, etika itu harus ditaati, melakukan sesuatu yang baik kepada orang lain dan tidak merugikan orang lain. Etika ini juga terdapat di komputer anda agar tidak mengganggu pengguna komputer lainnya. 



1. Etika Komputer


                                 


        Etika komputer merupakan nilai yang berkenan dengan penggunaan komputer. Dengan adanya etika di dalam komputer, kita bisa menggunakan komputer dengan aman tanpa ada gangguan. Tetapi sayangnya etika tersebut tidak begitu ditaati dan menjadi sebuah tantangan di era digital ini. Seperti mengambil data dari user lain tanpa izin, mengirimkan virus yang dapat membuat komputer menjadi bermasalah, dll. Sehingga, korban dari orang yang tidak bertanggung jawab tersebut akan menjadi takut dan merasa tidak aman. Bahkan, etika komputer semakin lama semakin tidak ditaati lagi. Oleh karena itu, kita sebagai anak di era digital ini harus tidak melakukan hal illegal seperti itu dan harus berhati-hati untuk menggunakan komputer.


2. Etika Internet




            Internet merupakan sebuah media yang dapat menghubungkan komunikasi kita dengan jarak jauh. Dengan adanya internet, kita bisa mencari, berkomunikasi, dan bahkan memesan makanan/minuman dari jarak yang jauh. Tetapi di internet merupakan sebuah markas dari hacker, cyberbullying, dan mengirimkan berita hoax. Orang-orang yang melakukan hal" tersebut juga terdapat di sosial media. Oleh karena itu, para user yang menggunakan akun di sosial media yang ia gunakan tersebut menjadi terlacak dari seorang hacker itu. Dengan adanya etika internet ini, kita menjadi tahu batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan.


3. Hubungan Etika Komputer dan Etika Internet dengan Sosial Media

               Social Media merupakan bagian dari kehidupan mayoritas masyarakat. Tentu saja menggunakan social media merupakan hal yang umum. Dalam menggunakan social media tentu saja kita berinteraksi pada orang-orang melalui media online. oleh karena itu etika komputer dan etika internet memiliki peran yang penting didalam social media. Dengan adanya etika komputer dan etika internet kita dibatasi dan di anjurkan melalukan hal positif atau berguna dalam menajalankan komputer khususnya untuk social media.


Referensi :

- File aplikasisocialmedia_08.pdf (materi kuliah pertemuan 8)
- Pemaparan materi pertemuan ketujuh oleh I Putu Agus Eka Pratama, S.R., M.T





Lampiran Absen Kehadiran

Comments

Popular posts from this blog