RANGKUMAN TENTANG CYBERSPACE



Nama                Bayu Surya Mahendra

NIM                  2005551131

Prodi/Fakultas   : Teknologi Informasi/Teknik

Mata Kuliah      : Aplikasi Sosial Media (A)

Nama Dosen      : I Putu Agus Eka Pratama


Pada dasarnya ketika jaringan komputer diciptakan mulai th 60-an, yg terhubung adalah antar komputer. Namun ketika makin meluas, jaringan komputer tdk hanya menghubungkan antar komputer. tapi juga perangkat non komputer lainnya (printer, smartphone, sensor, cctv, scanner, dll) kemudian, dari jaringan komputer berkembang menjadi internet, internet sendiri masuk ke indonesia th 90-an dan thn 2000. Sehingga, dari internet inilah sebuah dunia tercipta, dan di dunia inilah kita kenal dengan sebutan dunia maya. Dan dari dunia maya inilah muncul cyberspace, yang kemudian berelasi dengan sosial media.

Apa itu Cyberspace? Cyberspace adalah suatu Imaginary Location (tempat aktivitas elektronik dilakukan) dan juga menjadi sebuah massy virtual yang terbentuk melalui komunikasi yang terjalin dalam sebuah jaringan computer (Interconnected computer network). Massy virtual itu lokasi virtual, maya misal office massy virtual maka itu kantor virtual di internet tempat orang berkumpul untuk kerja sama seperti halnya dengan kantor fisik.  Sehingga Cyberspace dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu :


1.      Cognitive Information Cyberspace (CIC) → di dalamnya terdapat Information Cyberspace (IC). Information Cyberspace (IC) berguna untuk menyampaikan dan menyediakan segala bentuk informasi di dunia maya. Contohnya: website, sistem informasi, social media dgn informasi di dalamnya, Messenger dgn informasi di dalamnya.

2.     Cognitive Communication Cyberspace (CCC) —> komunikasi
Contohnya: Messenger, social media dgn fitur Messenger

 

Dan cara tentang bagaimana "manusia" dan "komputer" melihat dan menilai sebuah file itu sangatlah berbeda. Kalau di kita (manusia) kita kenal dan melihatnya beragam. Ada file audio, video, game, gambar, foto, dokumen, teks, dll. Termasuk juga warna, suara, sizenya sedangkan kalua di komputer dia memandangnya seragam dlm bentuk binari 1 dan 0. Tetapi perbedaan 1 digit saja artinya akan beda misalnya file 110000 dan 110001 itu dua file berbeda, padahal sekilas hanya beda 0 dan 1 saja. Sehingga dari binari itu, nanti ada hexa dkk karna komputer hanya mengenali itu. Dan beda dengan manusia yg punya indera dan otak, sedangkan kalau di komputer dia mengenali dari file2 binari tersebut saja.

Dan pada saat awal computer diciptakan, dia belum bisa komunikasi dengan sesamanya secara online. kemudian muncul konsep untuk "mengkomunikasikan" mereka (komputer). Konsep ini dalam teknisnya ada socket programming. Sehingga, antar komputer bisa saling komunikasi. Sehingga, ketika komputer makin banyak yg saling komunikasi, maka perlu semacam "identitas" bagi setiap komputer agar unik dan mudah dikenali, sehingga muncul yang namanya IP address dan MAC address. ketika seluruh dunia mulai banyak makek komputer, maka dgn sendirinya jaringan komputer makin berkembang. maka muncullah internet. Jadi internet memiliki ip public, semacam alamat luar dan internet juga memiliki ip private, semacam alamat local.

Dan sebenarnya pembeda utama keduanya sudah jelas, yaitu "komunikasi" dan "informasi", dan ketika banyak sosmed saat ini punya keduanya itu, maka yg paling "dominan" jawabannya. Misal telegram, wa, dominannya di komunikasi, sedangkan informasi adalah nilai tambahnya. demikian pula sosmed lainnya.

Dan ada model bisnis tertentu yg jalan di sana. sedangkan untuk pertanyaan dua, ada namanya socket programming yg memungkinkan komunikasi tsb ada, misal chat yg kita lakukan ini, krn antara saya dan kalian ada port, port number, dan socket di dlmnya yg saling terkait. bs diperoleh saat kuliah jaringan komputer nanti.


Lampiran Absen Kehadiran



 

Comments

Popular posts from this blog