ITIL (Information Technology Infrastructure Library)


Nama: Bayu Surya Mahendra
NIM: 2005551131 
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/Teknik/Udayana 
Mata Kuliah: Manajemen Layanan TI B 
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.




ITIL (Information Technology Infrastructure Library) merupakan sebuah framework dari sekumpulan praktik terbaik, dan pedoman ITSM (IT Service Management). ITIL menjelaskan proses, prosedur, tugas, dan checklist yang tidak organization-specific ataupun technology-specific, tetapi dapat diterapkan oleh organisasi menuju strategi, memberikan nilai, dan mempertahankan tingkat kompetensi minimum. ITIL pertama kali dikeluarkan oleh OGC (Office Government of Commerce) di Inggris pada tahun 1980,ketika besarnya penggunaan teknologi informasi pada perusahaan/instansi disertai dengan IT Management di dalamnya. 

Berdasarkan waktu rilisnya, ITIL  terdiri dari 4 bagian yaitu:
  • ITILv1 rilis tahun 1980 = Awal besar-besarnya penggunaa IT
  • ITILv2 rilis tahun 1990 = Awal besar-besarnya pengguna IT dan internet
  • ITIL v3 rilis tahun 2000 = Awal besar-besarnya internet untuk industri/bisnis 
  • ITIL v4 rilis tahun 2019 = Industri 4.0
ITIL menawarkan sebuah approach yang terbaik untuk penyediaan layanan TI dan manajemen layanan TI pada perusahaan. ITIL menawarkan pendekatan berbasis best practice di sektor publik, swasta, dan internasional. Selain itu, ITIL juga membantu meningkatkan hubungan antara perusahaan/organisasi/instansi dengan publik/masyarakat/pelanggan/nasabah, menghemat anggaran dan biaya, serta menciptakan lingkungan TI yang tumbuh secara bebas dan dinamis.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari ITIL:
  • Meningkatkan Return on Investment di bidang IT
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan Kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan pendapat dan hasil pemanfaatan aset perusahaan
  • Meningkatkan hubungan bai antara perusahaan (sebagai penyedia layanan) dengan masyarakat
  • Membantu perusahaan untuk mengikuti perkembangan terkini di bidang IT  beserta dengan perubahan-perubahan yang ada
  • Membantu proses integrasi layanan TI

Comments

Popular posts from this blog