Rangkuman Kaitan Komunitas kepada Sosial Media
Nama : Bayu Surya Mahendra
NIM : 2005551131
Prodi/Fakultas : Teknologi Informasi/Teknik
Mata Kuliah : Aplikasi Sosial Media (A)
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama
Manusia sebagai Mahluk Pribadi dan Sosial
Makhluk pribadi/individu adalah setiap manusia ada keunikannya, ada jati dirinya, ada hal hal yang menjadi "favorit"nya, ada bentuk fisik pribadinya. Nah, pertanyaan tentang makanan minuman favorit adalah salah satunya. Dan paling penting, ada hal2 yg hanya dia dan Tuhan saja yg tahu. Ada hal-hal yang perlu dirahasiakan (bersifat pribadi dan privasi).
Sedangkan manusia sbg makhluk sosial merupakan manusia yang tidak dapat hidup tanpa manusia lainnya. Kalo dicontohkan simpel saja: tidak ada manusia yg mampu hidup sendiri di suatu tempat tanpa interaksi sama sekali. Bahkan, ke internet pun juga koneksi ke manusia lainnya juga. Untuk itu, maka sebagai manusia, wajib untuk bersosialisasi dan saling tolong menolong sesama.
Definisi Komunitas
- Komunitas dibentuk berdasarkan Sifat Manusia sbg Makhluk Sosial.
Artinya, ada kesamaan antar manusia2 tsb, ada sosialisasi di antara mereka, dan kaitannya dgn social media, adalah ketika komunitas di ranah dunia fisik terbawa ke dunia internet, atau sebaliknya. Manusia sebagai makhluk sosial, tentunya kita semua memiliki/ikut di dalam satu atau beberapa komunitas, baik di dunia fisik maupun di internet (social media). Komunitas terkadang juga sering mengadakan seminar di dunia internet (social media), biasanya melalui grup di facebook, di whatsapp, dan grup di telegram, kita diskusi dan sharing satu sama lain.
- Dunia Nyata dan di Social Media.
Untuk social media bs sekaligus disebutkan di social mana saja. Komunitas juga dapat lintas nasional maupun internasional
Bagian komunitas dan kaitannya dengan social media
Cara membangun komunitas di social media penjelasannya sbb:
1. Manfaatkan tagar, hashtag ( # )
Bagian ini akan membantu di dalam social networking pada social media. Memudahkan pengguna lainnya yang memiliki minat/hal yang sama terkait topik tersebut untuk ikut masuk ke dalam komunitas bersangkutan.
2. Aktif langsung di dalam komunitas
Hargai mereka yang terlibat di dalamnya (aktif dan pasif). Di komunitas manapun, baik fisik maupun online, wajib saling menghargai dan menghormati
3. Undang kontributor/donatur/sponsor (dalam/luar negeri) → biasanya berupa brand/merek
Ini perlu teknis yg baik untuk meyakinkan kontributor, donatur, dll, agar mereka mau turut membantu dlm mendanai komuntas atau kegiatan fisik komunitas
4. Libatkan komunitas di masyarakat
Publikasikan dengan adanya social media, maka publikasi dan sosialisasi itu akan makin mudah dilakukan. ada banyak pilihan social media yg bs digunakan
5. Memberi inspirasi/semangat
Ini juga penting. dengan memberi inspirasi/semangat maka setiap orang di dlm komunitas akan terpacu untuk ikut serta memberi kontribusi terbaik mereka. efektiiftas itu jika diukur ada formulasinya, pada intinya memakai formulasi spt perhitungannya dgn social network analysis berbasis teori graph, jadi ada relasi antar entitas dan efekfititas di dalamnya
Namun dasarnya sama: social media yg banyak digunakan oleh (hampir) seluruh negara di dunia, komunitasnya besar, dan setiap komunitas itu ada kontribusinya langsung di masyarakat. contoh yg sdh ada seperti di facebook, twitter, adalah 2 hal yang terkadang sering merembet ke dunia fisik.
Comments
Post a Comment